Selamat Datang

Belajar Perlindungan Tanaman adalah situs yang dibuat untuk mendukung mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana mempelajari mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Blog ini dibuat sebagai sarana pembelajaran blended learning dan sebagai sarana pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Bila Anda adalah mahasiswa peserta mata kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022, untuk melaksanakan perkuliahan daring Anda wajib membaca setiap materi kuliah dan melaksanakan petunjuk mengenai hal-hal yang harus dilakukan sebagaimana diberikan pada setiap materi kuliah.

Jumat, 28 September 2018

2.3. Beragam OPT Golongan Tumbuhan: Gulma, Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif

Print Friendly and PDF
OPT golongan tumbuhan merupakan salah satu golongan OPT, selain OPT golongan hewan dan OPT golongan patogen. OPT golongan tumbuhan dapat dibedakan menjadi gulma (weeds), tumbuhan berbunga parasitik (parasitic floweing plants), dan tumbuhan invasif (invasive plants). OPT golongan tumbuhan menempati posisi yang berbeda dalam jejaring makanan dibandingkan dengan OPT golongan lainnya karena sebagaimana halnya tanaman, gulma juga merupakan produsen. OPT golongan gulma mengganggu tanaman dengan cara menyaingi tanaman dalam memperoleh sumberdaya, khususnya ruang, cahaya matahari, air, unsur hara, dan sinar matahari. 

2.3.1. MATERI KULIAH

2.3.1.1. Membaca Materi Kuliah
Domain Organisme
Seluruh organisme di bumi sedemikian banyak sehingga untuk mempelajarinya sebagai OPT perlu dipahami terlebih dahulu penggolongannya. Penggolongan organisme berubah seiring dengan kemajuan dalam bidang biologi. Pada 1990, Woese, Kandler, dan Wheelis mengusulkan agar seluruh organisme digolongkan menjadi 3 domain, yaitu: Archaea, Bacteria, and Eukarya. Organisme pada ketiga domain tersebut berevoluasi dari satu nenek moyang terakhir bersama (last common universal ancestor, LUCA) sejak 3.5sampai 3.8 milyar tahun lalu. Setelah melalui proses evolusi (evolution) yang sangat panjang, berbagai organisme dalam domain Eukarya, domain yang mencakup seluruh organisme hewan, tumbuhan, algae, dan jamur (fungi), banyak di antara jenisnya sekarang merupakan organisme pengganggu tanaman. 


Gambar 2.2.1.
Tiga domain organisme yang diusulkan Woese, Kandler, dan Wheelis (1990): Archaea, Bacteria, dan Eukarya (Eukaryota)

Setelah mengetahui domain OPT golongan hewan, perlu dipelajari biologi dan penggolongannya lebih lanjut. Bagi yang ketika di sekolah menengah tidak belajar di SMA jurusan IPA, sebaiknya terlebih dahulu membaca buku-buku pengantar mengenai biologi misalnya Biology: How Life Works, evolusi misalnya Evolution: A Very Short Introduction, dan klasifikasi misalnya Biological Classification -- A Philosophical Introduction. Evolusi menjadikan organisme menjadi sangat beranekaragam seperti sekarang ini. Evolusi pula yang menjadikan banyak jenis organisme menjadi organisme pengganggu tumbuhan.

Setelah membaca buku-buku pengantar untuk menyegarkan kembali ingatan mengenai biologi, selanjutnya silahkan Plant Protection 1: Pests, Diseases, and Weeds, Bab Weeds untuk mempelajari golongan organisme tumbuhan yang berisiko menjadi OPT golongan gulma, tumbuhan parasitik, dan tumbuhan invasif.

OPT Golongan Gulma
OPT golongan gulma merupakan tumbuhan yang mengganggu, menyaingi, dan/atau mematikan tanaman dengan cara bersaing dengan tanaman dalam memperoleh ruang, air, dan unsur hara. Tumbuhan tertentu dapat berstatus sebagai OPT golongan gulma karena faktor karakteristik khusus tertentu yang dimiliki tumbuhan, faktor lingkungan, dan karena faktor manusia.  Ketiga faktor tersebut saling berkaitan satu sama lain sehingga menjadikan tumbuhan tertentu yang diuntungkan dari interiksi ketiga faktor tersebut menjadi tidak diinginkan pada tempat dan waktu tertentu.


Karakteristik khusus pertumbuhan, perkembangan, dan pemencaran tumbuhan yang memungkinkannya sebagai OPT golongan gulma mencakup:
  1. Mampu berkecambah dan tumbuh dengan mentoleransi berbagai kondisi lingkungan alami maupun lingkungan binaan, mencakup kondisi fisik, kimia, hayati, maupun buatan manusia. Kondisi lingkungan fisik mencakup antara lain ruang tumbuh, sinar matahari, tekstur dan struktur tanah. kekeringan, dan banjir, kondisi lingkungan kimia mencakup antara lain air, unsur hara, dan pH, kondisi hayati mencakup antara lain musuh alami, kondisi lingkungan buatan manusia mencakup antara lain teknik pembukaan lahan dan teknik buiddaya.
  2. Mampu tumbuh secara vegetatif dengan cepat disertai dengan adaptasi morfologi khusus yang memungkinkan gulma mengatasi pertumbuhan tanaman dan menghindarkan diri dari gangguan oleh organisme lain dan untuk perkembangbiakan. Organ khusus yang untuk mengatasi pertumbuhan tanaman mencakup pola pertumbuhan memanjat dan berbagai jenis sulur untuk tumbuh memanjat, organ untuk menghindarkan diri dari gangguan mencakup berbagai jenis duri dan rambut yang menimbulkan iritasi, sedangkan organ perkembangbiakan vegetatif mencakup rimpang, stolon, umbi batang, umbi lapis, dan kecambah daun.
  3. Mempunyai organ khusus atau cara khusus untuk bersaing dengan tanaman, misalnya dengan mempunyai perakaran yang dalam dan rapat, tumbuh membentuk rumpun yang besar, membentuk akar dari batang, membentuk tajuk dengan daun sangat lebat, menghasilkan senyawa kimia yang merugikan individu tumbuhan lain di sekitarnya.
  4. Menghasilkan biji dalam berbagai kondisi lingkungan dalam jumlah banyak dan dilengkapi dengan alat pencar khusus, baik pada buah maupun biji sendiri. Gulma dapat menghasilkan biji tanpa memerlukan kondisi lingkungan khusus sebagaimana halnya tanaman (misalnya fotoperiode) dan jumlah biji yang dihasilkan pada umumnya sangat banyak. Biji juga dilengkapi dengan organ khusus untuk menemprol, melayang di udara, mengapung di air, dimakan satwa liar, dan sebagainya, yang memungkinkannya dapat memencar dalam jarak yang jauh.
  5. Mempunyai biji yang dapat bertahan lama dalam tanah dan memerlukan rangsangan tertentu untuk berkecambah. Biji gulma tetap mampu berkecambah dengan persentase yang tinggi meskipun berada dalam tanah dalam waktu yang sangat lama, sedangkan biji tanaman akan hilang kemampuan berkecambahnya setelah biji disimpan beberapa lama. Perkecambahan biji gulma dikendalikan melalui mekanisme internal yang disebut dormansi yang memerlukan rangsangan tertentu untuk mematahkannya.




Berbagai faktor lingkungan dapat mendorong tumbuhan berstatus sebagai OPT golongan gulma, yang terpenting di antaranya adalah:
  1. Kekeringan berkepanjangan memungkinkan hanya jenis-jenis tumbuhan tertentu yang mempunyai perakaran dalam, organ penyimpanan di dalam tanah, atau menghasilkan biji yang dapat bertahan terhadap kekeringan yang dapat bertahan. Sementara itu, kekeringan memperlemah jenis-jenis tumbuhan lainnya yang tidak mempunyai organ khusus tersebut tidak mampu bertahan sehingga pada saat hujan turun, gulma menjadi pihak yang lebih diuntungkan. 
  2. Kebakaran mempengaruhi tumbuhan menjadi gulma melalui proses yang kompleks karena jenis-jenis tertentu peka terhadap kebakaran, sedangkan jenis-jenis lainnya justeru memperoleh keuntungan dari kebakaran. Jenis-jenis yang tahan terhadap kebakaran mempunyai struktur morfologi batang yang khusus untuk tumbuh kembali dengan cepat setelah kebakaran, menghasilkan biji yang dapat tertimbun di lapisan tanah yang dalam, atau mempunyai struktur vegetatif khusus dalam tanah yang dapat bertahan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh api. Spesies-spesies yang tahan terhadap kebakaran akan potensial menjadi gulma yang dominan. 
  3. Hujan lebat, banjir, erosi, dan tanah longsor dapat menyebarkan biji jenis-jenis gulma tertentu ke lokasi-lokasi yang sebelumnya belum terinfestasi oleh jenis-jenis gulma tersebut. Setelah hujan reda, banjir surut, erosi dan tanah longsor berhenti, akan tercipta wilayah terganggu (disturbed areas) dalam skala yang luas yang terbuka terhadap invasi spesies gulma dari luar. 
  4. Terbebas dari musuh alami karena menyebar ke luar daerah sebaran geografis alaminya. Di wilayah yang baru gulma tersebut tidak mempunyai musuh alami yang dapat menekan pertumbuhan dan dinamika populasinya sehingga dengan mudah menguasai dan menjadi dominan,
Manusia dapat mendorong tumbuhan tertentu dapat berstatus sebagai OPT golongan gulma melalui kegiatan:
  1. Pembukaan lahan yang dilakukan secara kurang hati-hati akan menguntungkan perkembangan gulma karena menyediakan tempat kosong untuk ditumbuhi oleh jenis-jenis tumbuhan yang mempunyai karakteristik menjadi gulma dan mengurangi kemampuan jenis-jenis tumbuhan yang telah ada sebelumnya untuk bersaing dan mengalahkan jenis-jenis tumbuhan yang menggulma. 
  2. Budidaya satu jenis tanaman semusim secara terus menerus memungkinkan biji gulma jenis-jenis tertentu, terutama jenis-jenis yang berkambah lambat, terakumulasi menjadi semakin dominan pada musim tanam serikutnya. Pergiliran tanaman dapat mengatasi terjadinya hal ini karena jenis tanaman yang berbeda akan mempunyai kemampuan yang berbeda untuk berkompetisi dengan gulma sehingga tidak memungkinkan seleksi ke arah jenis-jenis gulma tertentu.
  3. Penggunaan herbisida dengan bahan aktif tertentu secara terus menerus akan mendorong jenis-jenis gulma tertentu menjadi resisten. Jumlah jenis gulma yang telah dilakporkan menjadi rsisten terhadap herbisida terus bertambah, sehingga penggunaan herbisida perlu dilakukan secara sangat hati-hati.
  4. Penggunaan pestisida secara berlebihan untuk melakukan perlindungan tanaman dapat membunuh musuh alami gulma, terutama penggunaan insektisida yang akan membunuh serangga herbivor terhadap gulma.
  5. Kurangnya perhatian masyarakat dan dukungan pemerintah memungkinkan gulma eksotik dapat masuk tanpa disadari dan berkembang menjadi dominan, apalagi bila pemerintah tidak mempunyai kebijakan yang jelas mengenai gulma seakan-akan menyerahkan permasalahan gulma sepenuhnya kepada petani sendiri untuk mengatasinya.
Kerugian yang ditimbulkan oleh gulma dapat bersifat langsung maupun tidak langsung melalui berbagai cara:
  1. Menurunkan kuantitas dan kualitas hasil tanaman maupun pakan karena kompetisi oleh gulma terhadap tanaman pada saat budidaya dan kontaminasi pada saat panen. Penurunan hasil secara kuantitas maupun kualitas yang terjadi disebut kehilangan hasil (yield loss). Kehilangan hasil secara kuantitas terjadi karena kompetisi oleh gulma menyebabkan produksi berkurang. Pada pihak lain, kehilangan hasil secara kualitas terjadi karena gulma menghasilkan biji yang dapat mengkontaminasi hasil tanaman. Gulma tertentu yang tumboh bersama tanaman pakan dapat menyebabkan ternak mengalami keracunan.
  2. Menimbulkan gangguan terhadap pekerja sehingga pekerjaan menjadi lebih lambat. Banyak jenis gulma mempunyai batang dan buah yang berduri atau yang berduri halus dan beracun yang dapat menimbulkan gangguan terhadap para pekerja pada saat melaksanakan pekerjaan. Buah gulma yang berduri halus atau bijinya mempunyai kait memungkinkannya menempel pada pakaian sehingga para pekerja harus menyisihkan waktu untuk melepaskan buah atau biji gulma tersebut. 
  3. Menghambat aliran air pada saluran irigasi dan meningkatkan kehilangan air melalui transpirasi. Jenis-jenis gulma yang tumbuhan pada saluran irigasi dapat menghambat aliran irigasi dan pada siang hari meningkatkan kehilangan air irigasi melalui proses transpirasi. 
  4. Menjadi inang, tempat berlindung, atau tempat bertahan bagi organisme pengganggu golongan binatang dan golongan parasit dan patogen. Gulma pada umumnya merupakan kerabat dekat tanaman (setidak-tidaknya dari famili yang sama) sehingga dapat menjadi makanan bagi organisme pengganggu golongan binatang dan tumbuhan inang bagi banyak jenis parasit dan patogen, terutama pada saat tanaman tidak sedang dibudidayakan. Gulma yang berada di luar areal lahan budidaya dapat menjadi tempat berlindung bagi organisme pengganggu golongan binatang pada saat dilakukan pengendalian. Bagian-bagian gulma yang telah mati bahkan dapat menjadi tempat mempertahankan diri bagi parasit dan patogen tanaman tertentu dalam keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. 
  5. Meningkatkan biaya produksi, panen, dan pengolahan hasil. Untuk mengendalikan gulma diperlukan sarana perlindungan tanaman berupa bahan dan alat yang harus dibeli dan untuk mengaplikasikannya memerlukan tenaga kerja yang harus dibayar sehingga biaya produksi menjadi meningkat. Untuk melakukan panen juga diperlukan peralatan untuk mengurangi kontaminasi hasil oleh biji gulma, demikian juga pada saat pengolahan. Peralatan khusus harus dibeli sehingga biaya panen dan pengolahan juga menjadi meningkat. 
  6. Menyebabkan lahan menjadi kurang produktif dan nilainya turun. Lahan yang ditumbuhi gulma menjadi kurang produktif karena unsur haranya telah banyak berkurang. Nilai lahan juga menjadi turun karena untuk membersihkan gulma sebelum dilakukan kegiatan budidaya memerlukan biaya yang besar. Orang Timor lebih menyukai membuka perladangan di lahan yang berlereng di dataran tinggi daripada di lahan datar di dataran rendah karena lahan-lahan yang datar pada umumnya terinfestasi berat oleh gulma yang bijinya terakumulasi oleh aliran air pada musim hujan. 
  7. Menimbulkan kebakaran. Lahan bergulma yang kurang mendapat perhatian mudah terbakar karena gulma yang pada umumnya terdiri atas golongan rumput dan perdu mudah mengering pada musim kemarau. Kebakaran pada lahan yang sedang diberakan dapat meluas dan mengancam areal budidaya yang terdapat di dekatnya. 
  8. Menggeser jenis-jenis tumbuhan lokal. Jenis-jenis gulma tertentu yang pertumbuhan vegetatifnya cepat dan lebat serta pertumbuhan generatifnya menghasilkan biji dalam jumlah banyak sangat berpotensi menggeser jenis-jenis tumbuhan lokal tertentu di kawasan padang rumput dan kawasan hutan
  9. Merusak keindahan alam. Pertumbuhan gulma yang mendominasi dapat menyebabkan lingkungan menjadi tampak monoton karena kehilangan komposisi yang semula dimungkinkan oleh berbagai jenis tumbuhan dengan bentuk tajuk, warna bunga, bentuk dan warna buah yang berbeda-beda dan berlangsung secara berkesinambungan karena setiap jenis mempunyai musim berbunga dan berbuah pada waktu yang berbeda. 
  10. Merusak prasarana perhubungan sehingga lokasi usahatani menjadi sulit dijangkau. Jenis-jenis gulma tertentu dapat tumbuh dengan mudah di pinggir jalan sehingga jalan menjadi sulit dilalui, demikian juga dengan jenis-jenis yang tumbuh di badan perairan menyebabkan sungai atau danau sulit dilalui dengan perahu, sehingga lokasi usahatani yang untuk mencapainya memerlukan jalan atau badang sungai atau danau tersebut untuk menjangkaunya menjadi terisolasi.
OPT golongan gulma terdiri atas berbagai spesies tumbuhan yang untuk memudahkan mempelajari dan kemudian mengendalikannya digolongkan dengan berbagai cara:
  1. Berdasarkan morfologi daun, dibedakan: (a) golongan rumput (grassy weeds), terdiri atas tumbuhan yang secara taksonomi digolongkan sebagai rumput, (b) golongan teki, terdiri atas tumbuhan yang secara taksonomi digolongkan sebagai teki, dan (c) golongan berdaun lebar (broad leaf weeds), terdiri atas tumbuhan yang secara taksonomi digolongkan sebagai dikotil 
  2. Berdasarkan umur pertumbuhan, dibedakan: (a) gulma semusim, terdiri atas tumbuhan yang tumbuh dan berkembang hanya selama musim tanam, (b) gulma tahunan, terdiri atas tumbuhan yang tumbuh dan berkembang dalam waktu yang melebihi musim tanam tanam 
  3. Berdasarkan bentuk pertumbuhan, dibedakan: (a) golongan rumput (grassy weeds), terdiri atas tumbuhan monokotil golongan rumput, (b) golongan herba (herb weeds), terdiri atas tumbuhan dikotil berbatang lunak berukuran kecil, (c) golongan sukulen (succulent weeds), terdiri atas tumbuhan dikotil berbatang lunak berukuran besar, (d) golongan perdu (shrubby weeds), terdiri atas tumbuhan dikotil berbatang berkayu berukuran kecil sampai sedang, (e) golongan pemanjat (vine weeds), terdiri atas tumbuhan dikotil sukulen maupun berkayu yang tumbuh memanjat, dan (f) golongan pohon (tree weeds), terdiri atas tumbuhan dikotil berkayu berukuran sedang sampai besar 
  4. Berdasarkan habitat, dibedakan: (a) gulma badan perairan (aquatic weeds), tumbuh pada habitat perairan, (b) gulma padi sawah (weeds of rice fields), tumbuh pada habitat sawah berpengairan, (c) gulma tanaman semusim (weeds of annual crops), tumbuh pada habitat ladang dan tegalan, (d) gulma tanaman tahunan (weeds of plantation), tumbuh pada areal perkebunan atau hutan tanaman, (e) gulma padang rumput (grassland weeds), tumbuh pada kawasan padang rumput alam maupun padang penggembalaan, dan (e) gulma kawasan hutan dan lingkungan hidup (forestry weeds, environmental weeds), tumbuh pada kawasan hutan dan kawasan konservasi. 
  5. Berdasarkan sektor pembangunan, dibedakan: (a) gulma pertanian, tumbuhan yang merusak dan merugikan pada budidaya tanaman pangan, tanaman hortikultura, dan tanaman perkebunan, (b) gulma peternakan, tumbuhan yang merusak dan merugikan pada padang rumput dan padang penggembalaan, (c) gulma fasilitas umum, tumbuhan yang merusak dan merugikan pada taman rekreasi, jalan raya, dsb., dan (d) gulma kehutanan dan lingkungan hidup, tumbuhan yang merusak dan merugikan pada kawasan hutan, khususnya hutan konservasi, danau, sungai, dsb. 
Penggolongan OPT golongan gulma tersebut di atas tidak bersifat eksklusif, melainkan satu spesies gulma dapat termasuk dalam beberapa golongan sekaligus.

OPT Golongan Tumbuhan Berbunga Parasitik
Tumbuhan tertentu mengganggu tumbuhan lain bukan dengan cara menyaingi sebagaimana yang dilakukan oleh gulma biasa, melainkan dengan cara memparasit sebagaimana yang dilakukan oleh OPT golongan patogen tertentu. Oleh karena itu, tumbuhan parasitik tersebut dapat digolongan sebagai OPT golongan patogen. Namun karena secara taksonomik sama dengan OPT golongan gulma pada umumnya maka tumbuhan parasitik juga dapat dikategorikan sebagai OPT golongan gulma. Tumbuahan parasitik digolongan dengan cara sebagai berikut:
  • Kebergantungan kepada keberadaan inang, dibedakan: (a) parasititk obligat bila hanya melengkapi daur hidup sebagai parasit dan (b) parasitik fakultatif bila dapat melengkapi daur hidup tanpa inang
  • Kebergantungan dalam memperoleh kebutuhan karbon, dibedakan: (a) hemiparasitik bila bergantung pada inang dalam memperoleh unsur hara tertentu dan dapat memfiksasi karbon sendiri, berklorofil, dan (b) holoparasitik bila bergantung dalam memenuhi kebutuhan karbon dari inang, tidak berklorofil
  • Organ inang yang diparasit, dibedakan: (a) parasitik batang bila memparasit hanya organ inang di atas tanah dan (b) parasitik akar bila memparasit hanya organ inang di dalam tanah
Tumbuhan hemiparasitik dapat dibedakan berdasarkan kebergantungan kepada keberadaan inang dan bagian inang yang diparasit:
Tumbuhan holoparasitik selalu bersifat parasitik obligat sehingga hanya dapat dibedakan berdasarkan organ inang yang diparasit:
Tumbuhan yang digolongkan sebagai holoparasitik mencakup broomrape (Orobanchaceae), tali putri (dodder), Rafflesia, and the Hydnoraceae. Tumbuhan yang digolongkan sebagai holoparasitik mencakup Castilleja, mistletoe, pohon natal australia barat, and yellow rattle.

Berdasarkan atas jumlah spesies inang yang dapat diparasit, tumbuhan parasitik dibedakan menjadi:
  • Parasit generalis: dapat memparasit banyak spesies inang, contoh: Tali putri (Cassytha spp., Cuscuta spp.), red rattle (Odontites vernus), dan cendana (Santalum spp.)
  • Parasit spesialis: dapat memparasit hanya satu atau beberapa spesies inang, contoh: Beech drops (Epifagus virginiana) sebagai holoparasit akar hanya pada American beech (Fagus grandifolia) dan Rafflesia spp. sebagai holoparasit pada tumbuhan memanjat Tetrastigma. 
Berdasarkan atas golongan inang yang diparasit, tumbuhan parasitik dibedakan menjadi:
  • Parasit tumbuhan, yang diparasit adalah berbagai spesies tumbuhan lain, dapat meripakan: (a) hanya tumbuhan spesies lain, contoh Triphysaria spp., atau (b) semua tumbuhan lain, termasuk spesies dirinya sendiri, contoh: albino redwood, mutan dari Sequoia sempervirens
  • Parasit fungi mikoriza (mycorrhizal fungi), contoh: Pterospora spp.
Tumbuhan parasitik dapat menimbulkan kerugian besar sebagaimana yang disebabkan oleh OPT golongan gulma pada umumnya. Namun tumbuhan parasitik tertentu, karena keunikan, kelangkaan, atau kemanfaatannya justru dilindungi, sebagaimana misalnya Rafflesia dan cendana. Informasi lebih rinci mengenai tumbuhan parasitik dapat diperoleh dengan mengklik tautan berikut:

OPT Golongan Tumbuhan Invasif
Tumbuhan invasif merupakan bagian dari kelompok organisme yang secara umum digolongkan sebagai spesies invasif. Spesies invasif didefinisikan sebagai tumbuhan yang bukan merupakan spesies setempat (not native) melainkan merupakan spesies introduksi (introduced species) yang berkecenderungan menyebar ke dan mapan di tempat baru dengan sangat cepat, mengalahkan spesies setempat, sehingga berdampak negatig terhadap lingkungan, perekonomian, dan kesehatan manusia. Untuk menggantikan istilah bukan spesies setempat kadang-kadang digunakan istilah alien sehingga menjadi invasive alien species (IAS).

Spesies tumbuhan tertentu menjadi invasif dengan derajat keinvasifan (invasiveness) tinggi karena faktor karakteristik tumbuhan yang bersangkutan, faktor lingkungan, dan faktor manusia, sebagaimana halnya faktor yang menyebabkan spesies tumbuhan tertentu bisa menjadi gulma. Hanya saja, untuk menjadi invasif, katiga faktor tersebut disertai dengan catatan sebagai berikut:
  • Faktor karakteristik tumbuhan yang menentukan keinvasifan, mencakup  pertumbuhan cepat, perkembangbiakan cepat, kemampuan memencar tinggi, plastisitas fenotipe tinggi, toleran terhadap berbagai keadaan lingkungan, dapat menggunakan unsur hara dari berbagai sumber, berasosiasi dengan manusia, dan keberhasilan menginvasi sebelumnya.
  • Faktor lingkungan, mencakup lingkungan yang sedang mengalami gangguan yang menyediakan ruang dan relung bagi spesies invasif untuk menginvasi misalnya karena terjadi pengembalaan berlebihan, pembalakan dan pembakaran hutan, kekeringan berkepanjangan, kebakaran lahan, banjir, dsb.
  • Faktor manusia, mencakup aspek ketidaktahuan, ketidakpedulian, atau ketamakan. Misalnya, kirinyu Chromolaena odorata dan kabesak hitam Vachelia nilotica menjadi invasif di NTT karena bercampur dengan rumput yang digunakan sebagai pakan ternak di kapal laut bisa terjadi mungkin karena tidak tahu atau tahu tapi tidak peduli. Pemerintah tahu bahwa padang rumput telah diinvasi oleh kirinyu dan kabesak hitam tetapi karena harus bisa menjadikan NTT sebagai provinsi sapi tetap membagikan anakan sapi ke desa-desa yang padang rumputnya telah berubah menjadi padang Chromolaena odorata atau padang Vachelia nilotica.
Tumbuhan berbunga invasif, mengingat karakteristiknya, sebenarnya merupakan OPT golongan gulma kategori khusus, yaitu spesies gulma yang berasal dari luar. Namun karena sifat invasifnya, OPT golongan gulma dalam kategori ini perlu mendapat perhatian khusus. Negara-negara maju biasanya menetapkan status spesies tumbuhan tertentu sebagai tumbuhan invasif dan melakukan eradikasi atau pengendalian dengan menggunakan anggaran pemerintah. Pemerintah kita belum mempunyai daftar spesies invasif mungkin karena faktor ketikdatahuan, ketidakpedulian, atau kepentingan lain yang secara politik lebih mendesak.

Informasi lebih lanjut mengenai spesies invasif, termasuk spesies tumbuhan invasif, dapat diperoleh dengan mengklik tautan berikut ini:

2.3.1.2. Membaca Pustaka Daring
Silahkan mengklik setiap tautan yang diberikan pada materi kuliah ini dan mengunduh pustaka yang disediakan dari halaman Pustaka Daring dan membaca judul bab atau sub-bab yang berkaitan dengan materi kuliah ini. Silahkan juga mengklik tautan yang diberikan pada materi kuliah untuk membantu memahami uraian materi kuliah. Mahasiswa wajib menyampaikan melalui Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas judul buku, judul bab buku, dan isi bab buku yang telah dibaca terkait dengan materi kuliah ini.

2.3.1.3. Mengerjakan Kuis Kuliah
Untuk mengerjakan kuiz materi kuliah ini, silahkan kerjakan sekaligus pada kuis materi kuliah 2.4 setelah membaca materi, mengklik tautan dan membaca isi tautan, serta membaca pustaka sampai benar-benar mengerti.

2.3.2. TUGAS KULIAH

2.3.2.1. Menyampaikan dan Menanggapi Komentar dan/atau Pertanyaan
Setelah membaca materi kuliah ini, silahkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan mengenai hal-hal berkaitan langsung dengan materi kuliah ini di dalam kotak komentar yang terletak di sebelah bawah materi kuliah ini. Sampaikan komentar dan/atau pertanyaan mengenai hal-hal yang belum diuraikan secara jelas, bukan hal-hal yang yang sudah diuraikan dalam materi atau tidak berkaitan langsung dengan materi atau yang sudah disampaikan oleh mahasiswa lain. Silahkan juga menanggapi pertanyaan atau komentar yang disampaikan oleh mahasiswa lain terhadap materi kuliah ini. Komentar dan/atau pertanyaan serta tanggapan terhadap komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa lain harus sudah masuk selambat-lambatnya sampai pada Minggu, 10 Maret 2024 pukul 24.00 WITA. Salin komentar dan/atau pertanyaan mengenai materi kuliah serta tanggapan terhadap komentar dan/atau pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa lain lalu tempel dalam Laporan Melaksanakan Kuliah. Setiap mahasiswa juga dapat diminta untuk menyampaikan laporan pembagian blog dan materi kuliah pada saat melaksanakan ujian tengah semester.

2.3.2.2. Membagikan Blog Mata Kuliah dan Materi Kuliah
Untuk memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran, silahkan membagikan membagikan blog mata kuliah dengan mengklik pilihan tombol media sosial untuk membagikan blog secara keseluruhan dan membagikan setiap materi kuliah dengan mengklik tombol pilihan media sosial yang disediakan pada setiap materi kuliah selambat-lambatnya sampai pada Minggu, 10 Maret 2024 pukul 24.00 WITACatat tautan (link) pembagian blog dan pembagian materi kuliah melalui media sosiadiminta untukwajib menyampaikan laporan pembagian blog dan materi kuliah pada saat melaksanakan ujian tengah semester.

2.3.2.3. Mengerjakan Projek Kuliah
Lakukan diskusi dan pengamatan lapangan bersama dengan petani asuh untuk menentukan tiga OPT golongan hewan yang paling merusak pada jenis tanaman utama yang telah dipilih pada Latihan Pembelajaran Kasus materi kuliah 1.1. 
  1. Nama umum OPT golongan tumbuhan hasil diskusi dalam kelompok yang diputuskan untuk diamati dan nama umum yang diperoleh setelah menanyakan kepada petani. 
  2. Lakukan diskusi dengan petani asuh untuk menentukan tiga jenis tumbuhan yang paling merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau mematikan tanaman (menimbulkan kehilangan hasil potensial paling tinggi). Diskusikan hal ini secara hati-hati sebab petani biasanya menyebut tumbuhan seperti ini rumput, padahal tidak semuanya merupakan golongan rumput. Sebelum memulai sebaiknya terlebih dahulu jelaskan secara singkat bahwa tumbuhan jenis-jenis tumbuhan yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, dan/atau mematikan tanaman yang secara teknis disebut gulma.
  3. Lakukan pengamatan lapangan denganan membuat garis diagonal melalui keempat sudut kebun dan kemudian lakukan pengamatan terhadap 1 individu tanaman pada titik potong kedua garis dan masing-masing 2 individu tanaman pada jarak yang kira-kira sama dari titik potong kedua garis ke arah setiap sudut sehingga diperoleh secara keseluruhan sembilan tanaman sehingga secara keseluruhan diperoleh 9 individu tanaman sampel. Selanjutnya periksa dalam jarak 0,5 m di sekeliling setiap individu tanaman sampel untuk menemukan salah satu dari ketiga jenis tumbuhan yang dikategorikan sebagai gulma paling merusak. Berdasarkan pada hasil pengamatan di sekitar 9 tanaman sampel, tentukan jumlah total individu tiga jenis tumbuhan hasil diskusi dengan petani.
  4. Pilih individu tumbuhan yang diketagorikan sebagai gulma paling merusak dengan jumlah individu paling banyak yang mempunyai bagian batang, daun, bunga, dan buah untuk mengambil foto jarak dekat (close up) yang memperlihatkan bagian-bagian tersebut paling lengkap dan jelas. Atur posisi foto ketiga jenis tumbuhan dalam satu slide PowerPoint lalu pilih dan salin semua foto. Selanjutnya unduh, pasang, dan buka program aplikasi penyuntingan foto gratis PicPick, buka halaman kosong lalu pada halaman kosong tersebut tempel foto ketiga jenis gulma yang sebelumnya disalin dari slide PowerPoint. Simpan dalam format JPG/JPEG berukuran maksimum 1 MB untuk kemudian diunggah sebagai bagian dari Laporan Melaksanakan Perkuliahan materi kuliah ini.
  5. Lakukan langkah-langkah sebagaimana diuraikan pada Projek Kuliah Materi 2.2 untuk mencari nama ilmiah ketiga jenis gulma.
  6. Dari penelusuran yang Anda lakukan dengan mengunjungi website pemerintah, mengetikkan nama OPT dalam Bahasa Indonesia, dan mengetikkan OPT dalam Bahasa Inggris, tentukan nama jenis tumbuhan yang digolongkan sebagai gulma paling merusak yang paling tepat di antara nama berdasarkan pada hasil diskusi dengan petani dan nama berdasarkan pada hasil penelusuran, disertai dengan klasifikasi jenis gulma berturut-turut: jenis (spesies), marga (genus), suku (famili), bangsa (ordo), kelas, filum, dan kerajaan jenis gulma untuk jenis tanaman utama yang telah dipilih. 
  7. Lakukan pemeriksaan nama ilmiah jenis gulma dengan menyalin nama ilmiah yang Anda peroleh dan kemudian menempelkan pada kotak pemeriksaan situs GBIF, POWO, WFO lalu salin nama ilmiah diterima (accepted) yang diperoleh dari setiap situs layanan pemeriksaan nama ilmiah.
  8. Lakukan pemeriksaan nama ilmiah patogen golongan jamur dan oomycetes yang Anda temukan pada saat mengerjakan tugas projek materi kuliah 2.2 pada situs Species Fungurum, patogen golongan bakteri pada situs LPSN, dan patogen golongan virus pada situs ICTV Taxonomy Browser. Pilih situs pemeriksaan sesuai dengan folongan OPT yang Anda temukan paling merusak lalu salin nama ilmiah diterima (accepted) yang diperoleh dari situs layanan pemeriksaan nama ilmiah tersebut.
  9. Lakukan pemeriksaan nama ilmiah patogen golongan hewan yang Anda temukan paling merusak pada saat mengerjakan tugas projek materi kuliah 2.1 pada situs GBIF lalu salin nama ilmiah diterima (accepted) yang diperoleh dari situs layanan pemeriksaan nama ilmiah tersebut.
Catat hasil wawancara untuk disampaikan sebagai bagian dari Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas materi kuliah ini paling lambat pada Minggu, 10 Maret 2024 pukul 24.00 WITA.

2.3.3. ADMINISTRASI PELAKSANAAN KULIAH

Untuk membuktikan telah melaksanakan perkuliahan daring materi kuliah ini, Anda wajib mengakses, menandatangani presensi, dan mengumpulkan tugas di situs SIADIKNONA. Sebagai cadangan, silahkan juga menandatangani daftar hadir dan memasukkan laporan melaksanakan kuliah dan mengerjakan tugas dengan mengklik tautan berikut ini: 
  1. Menandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah selambat-lambatnya pada Sabtu, 2 Maret 2024 pukul 24.00 WITA dan setelah menandatangani, silahkan periksa hasil penandatanganan daftar hadir;
  2. Menyampaikan Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas selambat-lambatnya pada Minggu, 10 Maret 2024 pukul 24.00 WITA dan setelah memasukkan, silahkan periksa hasil pemasukan laporan.
Mahasiswa yang tidak mengisi dan menandatangani Daftar Hadir Melaksanakan Kuliah dan tidak menyampaikan Laporan Melaksanakan Kuliah dan Mengerjakan Tugas akan ditetapkan sebagai tidak melaksanakan kuliah.


**********
Hak cipta blog pada: I Wayan Mudita
Diterbitkan: 27 September 2018

Creative Commons License
Hak cipta selurun tulisan pada blog ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Silahkan mengutip tulisan dengan merujuk sesuai dengan ketentuan perujukan akademik.

391 komentar:

  1. Setelah saya membaca materinya, says ingin bertanya,yang ingin saya tanyakan adalah
    Apakah manusia termasuk sebagai Gulma atau hama yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Setelah saya membaca materinya,saya ingin bertanya,yang ingin saya tanyakan adalah
    Apakah patogen dan penyakit dapat merusak Tanaman tahunan?

    BalasHapus
  4. selamat malam Pak. saya ingin bertanya dari Berbagai Jenis OPT Golongan Gulma, Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif mana yang paling sering ada di kehidupan kita dan bagaimana cara mengurangi hal tersebut? terima kasih atas perhatiannya Pak.

    BalasHapus
  5. Apakah cara OPT golongan patogen dan OPT golongan gulma (dalam hal ini yaitu tumbuhan berbunga parasitik)sama dalam hal memparasit atau mengganggu tanaman?
    terima kasih..

    BalasHapus
  6. sore pak saya ingin bertanya bagaimana jika dalam satu lahan kita menerapkan pola tanam sisipan antara dua jenis tanaman atau lebih apakah tanaman yang kita sisipkan bisa dikatakan sebagai gulma karna dapat menyaingi tanaman utama pada lahan tersebut.

    BalasHapus
  7. Dari materi di atas hal yang paling utama atau paling mencolok dari Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif sehingga dengan cepat kami dapat membedakannya ?
    Terimaksih.

    BalasHapus
  8. Pagi pak yang ingin saya tanyakan ,jamur adalah salah satu jenis makanan yang lagi ngetren lah di jajanan kuliner sekarang ,yang ingin saya tanyakan jamur itu mengandung racun sesuai jenisnya atau tempat dimana jamur itu tumbuh pak?

    BalasHapus
  9. Pak saya ingin bertanya
    Bagaimana pengaruh teknik pembukaan lahan terhadap pertumbuhan gulma ?
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  10. Setelah saya membaca dan memahami uraian materi di atas saya menemukan bahwa, tumbuhan juga bersaing sesama tumbuhan. Bila tumbuhan yang disaingi adalah tumbuhan budidaya atau tanaman sedemikian sehingga pertumbuhan menjadi terganggu dan produksinya berkurang. Contoh kasus petani menanam dengan cara metode salome(satu lubang rame-rame) yaitu menanam 3 benih yang berbeda-beda, misalnya : jagung,kacang, dan labu. Yang ingin saya tanyakan bagaimana jika tanaman tersebut tumbuh bersamaan dan besar bersamaan dan produksinya berkurang? dan apakah salah satu dari tanaman itu disebut gulma?

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. pak saya ingin bertanya
    mengapa tumbuhan gulma dikatakan sebagai produsen, padahal gulma adalah tumbuhan yang mengganggu maupun merusak tanaman.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Apakah gulma Ada Yang menguntungkan bagi tanaman Yang di tanam?

    BalasHapus
  15. Tumbuhan memiliki 3 faktor menjadi gulma, ketiga faktor tersebut memiliki saling keterkaitan, jelaska bentuk keterkaitan dari ketiga faktor tersebut, karena yang saya baca hanya menjelaskan peran dari masing faktor-fakor tersebut.

    BalasHapus
  16. bagaimanakah cara untuk mengatasi opt yang diantaranya dalah tekian yang ada pada tanaman sawah.

    BalasHapus
  17. tumbuhan apa yang digolongkan sebagai holoparasitik..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut yang saya baca, tumbuhan yang digolongkan sebagai holoparasitik yaitu tumbuhan orobanchaceae

      Hapus
    2. Iya tumbuhan orobancahaeceae itu tumbuhan apa?

      Hapus
    3. Tumbuhan ini adalah jenis parasit akar,tepatnya sebagai holoparasit(parasit tidak melakukan fotosintesis).

      Hapus
    4. Saya masih bingung dengan tumbuhan parasit akar.
      Coba sebutkan salah satu contoh tumbuhan jenis Parasit akar itu.

      Hapus
    5. Tumbuhan parasit akar itu ialah tumbuhan orobancahaeceae yang saya sudah jawab di atas itu

      Hapus
  18. Dari materi di atas 1 hal yang belum saya pahami yaitu kekeringan yang berkepanjangan dapat mendorong tumbuhan berstatus sebagai OPT golongan gulma,tolong berikan penjelasan yang lebih rinci.
    Trimaksih

    BalasHapus
  19. Spesies menguntungkan beberapa tali putri dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional misalnya Cuscuta chinensis ,belakangan ini diteliti sebagai tanaman obat dan beberapa spesies digunakan sebagai pewarna seperti Cuscuta tinctoria. Jadi tali putri walaupun gulma bagi tanaman merugikan bagi manusia dia ada beberapa manfaat.

    BalasHapus
  20. Perhatian khusus seperti apa yang diberikan kepada tumbuhan berbunga invansif yang juga merupakan OPT golongan gulma?

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. mengapa faktor manusia dapat berstatus seagai opt?

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Berkaitan dengan materi gulma diatas saya ingin bertanya.
    Mengapa gulma pada tanam tahun, saat musim kemarau tumbuh dengan subur, sementara sebagian besar tanaman pada musim kemarau layu?

    BalasHapus
  25. tumbuhan tertentu dapat berstatus sebagai OPT golongan gulma karena faktor karakteristik khusus yang dimiliki tumbuhan, tolong jelaskan faktor karakteristik khusus seperti apa yang dimiliki tumbuhan tersebut sehingga bisa dikatakan sebagai OPT golongan gulma ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikatakan sebagai OPT golongan gulma karena memiliki karakteristik sebagai berikut,yaitu:
      - dapat menurunkan hasil produksi pertanian
      - menghambat aliran air irigasi
      - mempersulit perawatan tanaman misalnya dalam pemupukan.
      Saya kira begitu,terimah kasih

      Hapus
  26. Apabila gulma tertentu menjadi resisten terhadap herbisida, bagaimana cara lain untuk membasmi gulma tersebut?

    BalasHapus
  27. Apakah gulma harus merupakan spesies yang invasif?

    BalasHapus
  28. Dengan cara apakah kita dapat mengatasi atau mengurangi kerusakan tanaman yang di sebabkan oleh gulma?

    BalasHapus
  29. Saya ingin bertanya menyangkut dengan materi diatas yaitu tentang kerugian yang ditimbulkan oleh gulma pada poin yang ke-6 disitu disebutkan bahwa Orang Timor lebih menyukai membuka perladangan di lahan yang berlereng di dataran tinggi daripada di lahan datar di dataran rendah karena lahan-lahan yang datar pada umumnya terinfestasi berat oleh gulma yang bijinya terakumulasi oleh aliran air pada musim hujan.pertanyaannya Apakah ada cara atau perlakuan khusus untuk mengatasi kasus tersebut Agar masyarakat Timor dapat memanfaatkan ladangnya didataran rendah tanpa khawatir dan risih oleh Gulma !

    BalasHapus
  30. Tumpang sari ditujukan untuk memanfaatkan lingkungan (hara, air dan sinar matahari) sebaik-baiknya agar diperoleh produksi maksimum. Contohnya tumpang sari antar tanaman jagung dan kacang yang ditanam pada satu lahan yang sama. Tanaman jagung menghendaki nitrogen tinggi sementara kacang-kacangan memfiksasi nitrogen dari udara bebas. dari uraian tersebut jelas terjadi kompetisi yang menguntungkan. Lalu apakah salah satu spesies tanaman ini dapat dikatakan sebagai OPT gulma karena dalam proses tumbuh kembangnya terjadi persaingan dalam memperoleh ruang, air, dan unsur hara

    BalasHapus
  31. Selamat pak..
    Yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksud dengan tumbuhan berbunga invasif secara jelas lagi

    BalasHapus
  32. Selamat pagi pak
    Yang ingin saya tanyakan apa yang di maksudkan dengan tumbuhan Hemiparasit dan jenis-jenis tumbuhan Hemiparasit (Hemiparasit obligat akar,fakultatif akar,obligat batang dan juga fakultatif batang)

    BalasHapus
  33. Mengapa tumbuhan parasititk obligat hanya melengkapi daur hidup sebagai parasit ?

    BalasHapus
  34. contoh dari Hemiparasit fakultatif batang itu seperti apa bapak

    BalasHapus
  35. Mengapa tumbuhan parasitik karena keunikan, kelangkaan, atau kemanfaatannya justru harus dilindungi padahal tumbuhan parasitik dapat menimbulkan kerugian besar sebagaimana yang disebabkan oleh OPT golongan gulma pada umumnya ?

    BalasHapus
  36. Mengapa tumbuhan parasitik karena keunikan, kelangkaan, atau kemanfaatannya justru harus dilindungi padahal tumbuhan parasitik dapat menimbulkan kerugian besar sebagaimana yang disebabkan oleh OPT golongan gulma pada umumnya ?

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Mengapa biji gulma lebih bertahan lama dibandingkan biji tanaman?

    BalasHapus
  40. Apa alat pencar khusus pada buah dan biji,serta apa yang dimaksud dengan lingkungan khusus,dan organ khusus apa yang membuat biji gulma bisa menemprol,melayang di udara,mengapung di air,dimakan satwa liar,serta bagaimana cara pengendalian terhadap gulma ini.

    BalasHapus
  41. Saya ingin bertanya pak, daei golongan gulma yang ada manaah yang paling berpotensi merusak tanaman dan bagaimana cara mnegatasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  42. mengapa tumbuhan holoparasifik selalu bersifat parasifik obligat?

    BalasHapus
  43. apa perbedaan dari parasit obligat dan parasit fakultatif pada keberadaan inang?

    BalasHapus
  44. Selamat siang pak saya ingin bertanya apa perbedaan tumbuhan Hemiparasit dan cara pengendalian gulma oleh OPT.
    Terimakasih pak.

    BalasHapus
  45. Selamat siang pak

    Tentang pembahasan mengenai tumbuhan invasif
    Yang saya ingin tanyakan
    Bagaimana pak penyebaran tumbuhan invasif yang diketahui berlangsung cepat sehingga berdampak negatif bagi kesehatan manusia apa dia melalui udara atau bagaimana pak?

    Terima kasih pak

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Jenis gulma apa saja yang menyerang padi sawah dan padi ladang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. A.Jenis-jenis gulma yang menyerang tanaman padi sawah yaitu:
      1. Gulma berdaun lebar misalnya, enceng padi dan genjer.
      2.gulma berdaun sempit misalnya, teki dan rumput padi padian (rumput yang mirip dengan tanaman padi).

      Jenis-jenis gulma yang menyerang tanaman padi ladang yaitu rumput alang-alang dan rumput belalang.

      Hapus
    2. 1. Tikus
      2. Penggerak Batang
      3. Keong Mas
      4. Wereng
      5. Walang Sangit
      6. Burung

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Bagaimana cara mengendalikan gulma-gulma pada tanaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mencegah masuknya gulma pada tanaman adalah yang pertama
      1. Pencegahan pemakaian pupuk kandang yang belum matang
      2. Pemberantasan gulma di sisi sisi sungai
      3. Pembersihan ternak yang di angkut
      4. Dengan pembersiahan bibit bibt pertanaman dan kontaminasi dengan biji biji gulma

      Hapus
  51. Bagaimanakah cara yang tepat untuk mengetahui jenis-jenis gulma yang mengganggu pada tanaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang dimaksud adalah cara mengidentifikasi jenis-jenis gulma? Jika ya, silahkan baca materi kuliah 2.4.

      Hapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Bagaimana cara mengatasi faktor lingkungan yang mendorong tumbuhan sebagai OPT golongan gulma?

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Selamat malam pak,saya ingin bertanya
    Apakah patogen dan penyakit dapat merusak Tanaman tahunan?
    Terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja terjadi kerusakan karena patogen dan penyakit organisme dia mempunyai peranan yang menyebabkan penyakit dalam bentuk organisme hidup atau di sebut pula faktor biotik
      Contohnya jamur,bacteri,virus dan mikroplasma

      Hapus
  56. Selamat malam pak,sya ingin bertanya
    Kerugian apa saja yabg akan di alami petani jika tanaman di serang gulma?
    Terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerugian yang di alami petani apabila di serang oleh gulma yaitu tanaman menjadi kurang subur dan bisa menimbulkan hasil panennya berkurang.
      Dengan adanya gulma juga mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut..
      Terima kasi kawan

      Hapus
    2. Maaf pak saya bantu menjawab..

      Menurut sy kerugian yang akan dialami oleh tanaman tersebut ialah akan terjadi persaingan tanaman utama sehingga mengurangi kemampuan berproduksi,dan juga terjadi persaingan dalam penfambilan unsur hara dalam tanah, cahaya, dan ruang hidup.

      Terima kasih

      Hapus
    3. selamat siang pak saya ingin menjawab pertanyaan di atas..
      kerugian yang di alami petani jika tanaman di serang gulma adalah tanaman yang mereka tanam akan menjadi rusak sehingga hasilnya tidak memuaskan..
      Trimakasih

      Hapus
    4. Terima kasih kepada Angkypadja, Wilfrida, dan Vivin Ludo yang telah bersedia membantu menjawab. Mohon menggunakan nama sebenarnya sebagaimana nama pada saat melakukan registrasi mata kuliah.

      Hapus
  57. Jika terjadi kekeringan yang berkepanjangan apakah tanaman terganggu pada proses pertumbuhan ??
    Terimah kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak saya bantu menjawab..

      Ia akan sangat terganggu. Karena tanaman ataupun tumbuhan, manusia serta hewan membutuhkan air.tanpa air tumbuhan ataupun tanaman, hewan, hewan akan mati dan kan terjadi bencana kelaparan dimana-mana.

      Terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih Wilfrida, telah membantu menjawab. Topik tulisan ini adalah OPT golongan gulma. Pertanyaan yang diajukan tidak termasuk dalam topik tulisan.

      Hapus
  58. Apakah yang di maksud dengan populasi,vegetasi tanaman tanaman,pertumbuhan dan perkembangan inang dan bagaimana respon populasi patogen terhadap pertumbuhan tanaman inang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, topik materi kuliah ini adalah OPT golongan gulma, bukan patogen. Untuk memahami istilah populasi, vegetasi tanaman, pertumbuhan dan perkembangan, silahkan googling dengan mengetikkan istilah tersebut atau bahasa Inggris dari istilah tersebut.

      Hapus
  59. Syalom slamat malam pak..
    Saya ingin bertanya,apakah dengan adanya gulma bisa meningkatkan hasil produsi pertanian?
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak saya bntu menjawab..


      Menurut saya tidak. Karena kalau ada gulma maka produksi pertanian akan mengalami kerugian dan persaingan antara gulma dan tanaman dalam mengambil unsurhara dan air dalam tanah serta penerimaan cahaya untuk proses foto sintesis menimbulkan kerugian dalam produksi baik kuantitas maupun kualitas.

      Terima kasihhh

      Hapus
  60. Jelaskan bagaimana cara mengendalikan gulma dengan cara biologis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak saya bantu menjawab..

      Menurut saya pengendalian gulam secara biologis itu dilalukan dengan menggunakan serangga, jamur da juga gulma itu sendiri.

      Terima kasih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Terima kasih Wilfrida. Pertanyaannya sebenarnya tidak sesuai dengan topik materi kuliah. Pengendalian gulma, termasuk pengendalian hayati (yang oleh mahasiswa disebut pengendalian cara biologis), akan dibahas pada materi kuliah mengenai pengendalian gulma.

      Hapus
  61. Pertumbuhan Gulma yg disebabkan oleh manusia, bagaimana proses terjadinya?

    BalasHapus
  62. Yang kita ketahui bahwa gulma sangat brpengaru penting pada tumbuhan apakah gulma hnya berpengaruh pada tumbuhan sayuran saja ,apakh tanaman umur panjang brpengaruh atau tidak trimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan bantu jawab pak


      Menurut saya, gulma berpengaruh tidak hanya pada tumbuhan sayuran tapi dia juga berpengaruh pada tumbuhan umur panjang karna pada dasarnya gulma dapat hidup dimana adanya tumbuhan/tanaman karna gulma juga ada pada tanaman umur panjang contoh gulma yang menyerang tanaman umur panjang seperti agropyron rapens dan sorghum halepense sehingga kemungkinan besar dapat juga menyerang tumbuhan umur panjang

      Terima kasih

      Hapus
  63. Apakah yang dimaksud dengan Adaptasi Morfologi?
    Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaptasi morfologi adalah cara makhluk hidup menyesuaikan bentuk tubuh terhadap lingkungannya ,dengan tujuan untuk bertahan hidup.atau dapat juga diartikan sebagai cara penyesuaian bentuk tubuh dan alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya.

      Terimakasih.

      Hapus
    2. Terima kasih Maria, sudah membantu menjawab.

      Hapus
  64. Apakah kerugian yang di timbulkan Gulma?
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerugian yang ditimbulkan gulma.

      1.menghambat/menekan pertumbuhan bahkan meracuni tanaman budidaya dengan mengeluarkan zat alelopat.

      2.mempersulit pemeliharaan tanaman pada pemupukan dan pengemburan tanah ,serta pengedalian OPT

      3.menganggu dan mempersulit aktivitas manusia dalam budidaya tanaman sejak pratanam sampai pascapanen .

      Terimakasih.

      Hapus
  65. Bagaimana pengguna herbisida dengan bahan aktif secara terus menerus akan mendorong jenis gulma menjadi resistem ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia sangat resisten. Karena penggunaan hebisida yang secara terus menerus pada gulma akan mengakibatkan pada kebal dan ketahanannya
      tanaman pengganggu tersebut terhadap racun.

      Trimaksihhh

      Hapus
    2. Terima kasih Wilfrida, telah membantu menjawab. Materi kuliah ini belum membahas mengenai cara pengendalian gulma sehingga tidak menguraikan bahan aktif herbisida dan resistensi gulma terhadap herbisida. Materi tersebut akan dibahas pada kuliah mengenai pengendalian gulma.

      Hapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. Contoh gulma yang bersifat langsung maupun yang tidak langsung?

    BalasHapus
  68. Contoh dampak negatif dari tumbuhan invasif bagi manusia dan budidaya tanaman?

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya :
      Dampaknya sangat mengutungkan bagi tanaman gulma-gulma tertentu karena dia tidak bisa mati walaupun terjadinya kebakaran karena dia masih memilki akar akar dalam tanah.
      Contohnya alang-alang.

      Sedangkan dampak dari banjir terhadap tanaman gulma akan mengakibatkan perkembangbiakan tanaman gulma tersebut dari tempat yang satu ketempat yang lain.

      Terimakasih

      Hapus
    2. Menurut saya :
      Dampaknya sangat mengutungkan bagi tanaman gulma-gulma tertentu karena dia tidak bisa mati walaupun terjadinya kebakaran karena dia masih memilki akar akar dalam tanah.
      Contohnya alang-alang.

      Sedangkan dampak dari banjir terhadap tanaman gulma akan mengakibatkan perkembangbiakan tanaman gulma tersebut dari tempat yang satu ketempat yang lain.

      Terimakasih

      Hapus
    3. Menurut saya :
      Dampaknya sangat mengutungkan bagi tanaman gulma-gulma tertentu karena dia tidak bisa mati walaupun terjadinya kebakaran karena dia masih memilki akar akar dalam tanah.
      Contohnya alang-alang.

      Sedangkan dampak dari banjir terhadap tanaman gulma akan mengakibatkan perkembangbiakan tanaman gulma tersebut dari tempat yang satu ketempat yang lain.

      Terimakasih

      Hapus
  71. Apakah tumbuhan parasitik dan invasif dapat berpengaruh pada budidaya tanaman?

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Bagaimana dampak lingkungan terhadap tanaman gulma,jika terjadi kebakaran dan banjir? Terimakasih.

    BalasHapus
  74. Jika terjadi kekeringan yang berkepanjangan apakah tanaman terganggu pada pertumbuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak,saya ingin membantu menjawab pertanyaan
      Menurut saya jika terjadi kekeringan yang berkepanjangan tanaman akan terganggu karna tanaman membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya .
      Terima kasih

      Hapus
  75. Menurut saya terganggu,karena kekeringan merupakan faktor pembatas utama pada masa pertumbuhan dan perkembangan tanaman,dan terjadinya kekeringan tanaman tersebut akan mengalami kelayuan dan lama kelamaan tanaman tersebut akan mati dan mengakibatkan gagal panen.

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. Tumbuhan parasitik dapat menimbulkan kerugian besar sebagaimana yang disebabkan oleh OPT golongan gulma pada umumnya.

    Berapa besar kerugian yang di sebapkan oleh "Tumbuhan Parasitik" ?
    Apaka kerugian tersebut bisa diatasi? Dan dengan cara apa mengatasi kerugian tersebut?

    Terimakasih

    BalasHapus
  78. Selamat malam pak,,saya ingin bertanya alat pencar khusus apakah yang digunakan untuk menghasilkan biji OPT golongan gulma dalam jumlah banyak??.terimakasih

    BalasHapus
  79. Selamat malam pak,,saya ingin bertanya alat pencar khusus apakah yang digunakan untuk menghasilkan biji OPT golongan gulma dalam jumlah banyak??.terimakasih

    BalasHapus
  80. Kenapa tumbuhan parasitik tersebut dapat digolongkan sebagai opt golongan patogen pak?terimakasih

    BalasHapus
  81. bagai mana cara mengatasi gulma yang dapat manggaggu pertumbuhan tanaman di suatu lahan yang terbentuk dalam sekala yang terbesar di salah satu lahan yang di budidayakan yang dpat di tanam berbagai macam tanaman?

    BalasHapus
  82. Bagaimana cara kita ketika gulma yang datang dari negara lain bisa memasuki di berbagai negara-negara lain sehingga gulma tersebut dapat di katakan sebagai OPT yang dapat menggaggu pertumbuhan tanaman?

    BalasHapus
  83. Alat apakah yang bisa membasmi penyakit gulma?

    BalasHapus
  84. Selamat malam pak,saya ingin bertanya.Apakah gulma selalu ada pada setiap tanaman yang dibudidayakan?..terimakasih

    BalasHapus
  85. Syalom, selamat pagi pak
    Apa kelebihan dari OPT golongan gulma!

    BalasHapus
  86. Penyebab apakah yang bisa menyebabkan gulma bisa bertubuh?

    BalasHapus
  87. Saya ingin bertanya pak
    Yang termasuk Tumbuhan hemiparasitik itu apa-apa saja?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang termasuk tumbuhan hemiparasitik adalah Cendana
      Trimakasih

      Hapus
  88. Jenis OPT apakah yang sangat berpengaruh pada Tumbuhan ?

    Trimah kasih

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Bagaimana cara mengatasi faktor lingkungan yang mendorong tumbuhan sebagai OPT golongan gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin menjawab pertanyaan teman pak...
      " menurut aku, cara mengatasi faktor ini yaitu dengan cara
      atau lebih mengarah pada penggunaan produk hayati.
      Di dalamnya mencakup teknik sistem pertanian, seperti tumpang sari (intercropping),penggunaan tanaman perangkap,varietas tahan,dan biopestisida.

      Hapus
  91. Selamat siang pak izin bertanya nih, kira-kira OPT golongan gulma ini selain mengganggu tanaman lain, apakah ia juga bisa diandalkan dalam hal menguntungkan yang bisa di manfaatkan manusia dalam sektor pertanian....??

    BalasHapus
  92. Apakah dampak jika OPT jenis gulma lebih bnyak menyerap unsur hara dari dalam tanah dibandingkan denagan tanaman??

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. Selamat siang pak.
    Jenis tumbuhan apa saja yang mempunyai karakteristik,sehingga gulma menjadi mengurang?
    Trimakasih.

    BalasHapus
  96. Memungkinkan tanaman dapat dilindungi dari kerugian yang disebabkan oleh gulma maka gulma yang bersangkutan perlu terlebih dahulu diidentifikasi secara tepat.
    Dengan cara apakah gulma diidentifikasi dengan cara yang tepat....?


    Terimakasih

    BalasHapus
  97. DEWALOTTO>TOGEL>POKER>CASINO_GAMES>TEMBAK_IKAN>NUMBER_GAME dan masih banyak lagi DEPO/WD 20rb
    PROSES CEPAT TERBONAFIT DAN TERLENGKAP yukk...

    BalasHapus
  98. Senyawa kimia apa yang di hasilkan oleh OPT gulma sehingga dapat merugikan tumbuhan individu lain di sekitarnya .
    Terima kasih

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Selamat malam pak
    Yang ingin saya tanyakan adalah ketika penanaman telah dilakukan dan tiba saat tanaman tersebut tumbuh pada saat yang bersamaan terselib beberapa gulma yang tumbuh.Apakah unsur hara yang terkandung dalam tanah tdk terbagi?

    BalasHapus
  101. Selamat siang pak...
    Yang saya tanyakan adalah apakah cuaca juga dapat mempengaruhi perkembangbiakan gulama???

    BalasHapus
  102. Selamt siang pak...

    Saya ingin bertanya apakah di sisi lain gulma juga bermanfaat bagi tumbuhan?selain merusak.

    BalasHapus
  103. Ada jenis-jenis gulma tertentu yang dapat tumbuh dengan mudah di pinggir jalan,sehingga jalan menjadi sulit di lalui.
    Yang ingin saya tanyakan pak,
    sebutkan jenis gulma apa yang biasa tumbuh di pinggir jalan?
    Trimakasih

    BalasHapus
  104. Apa yang menjadi karakter khusus,sehingga tumbuhan tertentu dapat menjadi gulma?
    Trimakasih

    BalasHapus
  105. Selamat sore pak saya ingin bertanya.
    Mengapa tumbuhan tali putri di golongkan sebagai holoparasitik?
    Trima kasih pak.

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. Sore pak saya ingin bertannya langkah apa saja yang dilakukan petani dalam menanggulangi gulma yang menyerang tanaman ?

    BalasHapus
  108. Yang ingin saya tanyakan, Tumbuhan parasit apa yang menguntungkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumbuhan parasit yang menguntungkan
      -Larva Tawon
      -Tawon Parasitoid (Braconidae)
      -Tungau kulut Merah
      -Mistletoe
      -Kutu

      Trimakasih

      Hapus
  109. Apa yang di lakukan petani untuk mengatasi gulma pada tumbuhan?

    Trimah kasih pak

    BalasHapus
  110. Slmt pagi Pak
    Saya ingin bertanya
    Apa perbedaan tumbuhan parasitik dan tumbuhan invasif ?
    Terimakasih Pak.

    BalasHapus
  111. Yang saya tanyakan,apa Fungsi dari parasit fungi

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. Slmt siang Pa...
    Saya ingin bertanya

    Mengapa herbisida denga bahan aktif tertentu jika digunakan secara terus menerus akan mendorong gulma terntu menjadi resisten?

    BalasHapus
  114. Terima kasih kepada mahasiswa peserta kuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman yang sudah berkenan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan. Minta tolong agar komentar dan/atau pertanyaan diajukan sesuai dengan topik materi kuliah, yaitu OPT golongan gulma. Terima kasih juga untuk mahasiswa yang sudah berkenan membantu saya menjawab pertanyaan mahasiswa lainnya. Minta tolong untuk menjawab pertanyaan lain yang belum sempat saya jawab.

    BalasHapus
  115. Apa yang menyebabkan tumbuhan menjadi invasif
    Apa yang dimaksud dengan tumbuhan parasitik

    BalasHapus
  116. 1.Mengapa kehadiran fungi patogen perlu diwaspadai
    2.Apa yang dimaksudkan dengan parasitisme virus yang bersifat obligat dan parasitisme absolut

    Terimakasih

    BalasHapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Kerugian yang ditimbulkan oleh gulma dapat bersifat langsung maupun tidak langsung.
    Yang ingin saya tanyakan adalah yang bersifat langsung itu seperti apa ? Dan yang tidak langsung itu seperti apa ?

    BalasHapus
  121. Yang saya tanyakan ialah
    Bagaimana caranya untuk mengendalikan perkecambahan biji gulma melalui mekanisme internal!

    BalasHapus
  122. Pak apa yang di maksut dengan tumbuhan berbunga parasitik dan sebutkan contohnya??

    BalasHapus
  123. Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.COM
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 8 games
    pin BB : D_8_E_B_A_A_7_C

    BalasHapus
  124. Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.COM
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 8 games
    pin BB : D_8_E_B_A_A_7_C

    BalasHapus
  125. dari materi opt diatas saya ingin menyapikan sebuah pertanyaan.
    apakah gulama dapat menyerang tanaman kopi. dan pada kondisi apa tanaman kopi diserang oleh gulma.

    BalasHapus
  126. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    BalasHapus
  127. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  128. Mengapa OPT golongan gulma dapat menempati posisi yang berbeda dalam jejaring makanan dibandingkan OPT lainnya?

    BalasHapus
  129. Mengapa OPT golongan gulma dapat menempati posisi yang berbeda dalam jejaring makanan dibandingkan OPT lainnya?

    BalasHapus
  130. Mengapa OPT golongan gulma dapat menempati posisi yang berbeda dalam jejaring makanan dibandingkan OPT lainnya?

    BalasHapus
  131. Apakah dalam ilmu perlindungan tanaman juga melindungi gulma, yang juga merupakan tanaman?

    BalasHapus
  132. Apakah dengan kita mematikan musuh alami tanaman juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman?

    BalasHapus
  133. Faktor karakteristik seperti apa yang dimiliki tumbuhan tersebut sehingga bisa dikatakan sebagai OPT golongan gulma ?

    BalasHapus
  134. Apa kaitan gulma dengan penyakit yang nenyerang tumbuhan

    BalasHapus
  135. Apakah dengan memangkas gulma pada sekitar tanaman, kita merusak ekosistem yang ada pada daerah tersebut ?

    BalasHapus
  136. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  137. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  138. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  139. OPT jenis Gulma selalu hidup di sekitar tanaman dan bagaimana cara mengendalikan OPT jenis gulma sebelum ia menyerang tanaman

    BalasHapus
  140. OPT jenis Gulma selalu hidup di sekitar tanaman dan bagaimana cara mengendalikan OPT jenis gulma sebelum ia menyerang tanaman

    BalasHapus
  141. Apakah gulma yang Kita sudah cegah secara bersih memungkinkan untuk tumbuh lagi?

    BalasHapus
  142. Dari materi di atas hal yang paling utama atau paling mencolok dari Tumbuhan Parasitik, dan Tumbuhan Invasif sehingga dengan cepat kami dapat membedakannya ?
    Terimaksih.

    BalasHapus
  143. Apa saja kerugian yang di sebabkan oleh gulma

    BalasHapus
  144. Bagaimana membedakan gulma yang menyerupai padi dengan tanaman padi karena sangat mirip

    BalasHapus
  145. Bagaimana membedakan gulma yang menyerupai padi dengan tanaman padi karena sangat mirip

    BalasHapus
  146. Kenapa jadi Gulma pertanian termasuk tumbuhan yang merusak dan merugukan pada budidaya tanaman pangan

    BalasHapus
  147. Selamat malam Bapa
    Saya ingin bertanya
    Jika gulmanya sudah kita atasi atau sudah dibersihkan
    Apakah gulma itu akan tumbuh lagi?
    Jika gulma akan tumbuh lagi
    Hal mendasar apa atau apa yang menyebabkan gulma itu bisa tumbuh lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut yang saya tahu gulma yg sudah dibersihkan masih bisa tumbuh, karena :
      1. Gulma menghasilkan biji yang dapat bertahan
      terhadap kondisi kering.
      2. Biji yang bertahan lama dalam tanah,ketika
      mendapat rangsangan akan berkecambah. Biji
      gulma mampu berkecambah dengan persentase
      yang tinggi meskipun berada dalam tanah dalam
      waktu yang lama.
      3. Perkecambahan biji gulma dikendalikan melalui
      mekanisme internal atau dikenal dengan
      dormansi.
      4. Biji yang terimbibisi air,air akan
      mengaktifkan kembali biji, sehingga
      biji tersebut akan tumbuh kecambah

      Hapus
  148. Apakah OPT golongan gulma bisa berdampak positif terhadap tanaman budidaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya opt golongan gulma tidak bisa berdampak positif bagian tanaman lain. hal ini dikarenakaan gulma merupakaan tumbuhan yang menggangu, menyaingi, atau mematikaan tanaman dengan cara bersaing dengan tanaman lain dalam memperoleh ruang, air dan unsur hara

      Hapus
  149. Sebutkan apa saja kerugian-kerugian dari tumbuhan Parasitik yang disebabkan oleh OPT golongan gulma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1) Gulma parasit sejati, contohnya adalah Cuscuta australis (tali putri). Gulma ini tidak mempunyai daun, tidak mempunyai klorofil, tidak dapat melakukan asimilasi sendiri, kebutuhan akan makannya diambil langsung dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya (haustarium) memasuki sampai ke jaringan floem.
      (2) Gulma semi parasit, contohnya adalah Loranthus pentandrus. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan unsur hara lainnya diambil dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.
      (3) Gulma hiper parasit, contohnya adalah Viscum sp. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan hara lainnya diambil dari gulma semi parasit, dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.

      Hapus
    2. (1) Gulma parasit sejati, contohnya adalah Cuscuta australis (tali putri). Gulma ini tidak mempunyai daun, tidak mempunyai klorofil, tidak dapat melakukan asimilasi sendiri, kebutuhan akan makannya diambil langsung dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya (haustarium) memasuki sampai ke jaringan floem.
      (2) Gulma semi parasit, contohnya adalah Loranthus pentandrus. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan unsur hara lainnya diambil dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.
      (3) Gulma hiper parasit, contohnya adalah Viscum sp. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan hara lainnya diambil dari gulma semi parasit, dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.

      Hapus
    3. (1) Gulma parasit sejati, contohnya adalah Cuscuta australis (tali putri). Gulma ini tidak mempunyai daun, tidak mempunyai klorofil, tidak dapat melakukan asimilasi sendiri, kebutuhan akan makannya diambil langsung dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya (haustarium) memasuki sampai ke jaringan floem.
      (2) Gulma semi parasit, contohnya adalah Loranthus pentandrus. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan unsur hara lainnya diambil dari tanaman inangnya dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.
      (3) Gulma hiper parasit, contohnya adalah Viscum sp. Gulma ini mempunyai daun, mempunyai klorofil, dapat melakukan asimilasi sendiri, tetapi kebutuhan akan air dan hara lainnya diambil dari gulma semi parasit, dan akar pengisapnya masuk sampai ke jaringan xilem.

      Hapus
  150. Jika tumbuhan tumbuh secara tak sengaja di lahan yang ditanami satu spesies tanaman pertanian,namun tumbuhan tersebut memberi keuntungan ekonomis bagi petani,apakah itu masih dikategorikan gulma?

    BalasHapus
  151. Mengapa tumbuhan parasit dapat menimbulkan kerugian besar sebagai mana yang telah di sebabkan OPT golongan gulma pada umumnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tumbuhan parasit merupakan tumbuhan yang kelangsungan hidupnya menggantungkan sebagian atau seluruh sumber energinya pada tumbuhan lain (disebut tumbuhan inang) dan mengakibatkan inangnya mengalami kekurangan energi, tumbuhan parasit berdampak dan menyebabkan kerugian besar bagi tumbuhan lain. Diantaranya yang paling berbahya adalah anggota orobanchaceae (salah satu suku anggota tumbuhan berbungga), dan tumbuhan parasit itu seperti gulma atau tumbuhan yang tidak diinginkan dan umumnya menyerang jagung dan beras.

      Hapus
  152. Apakah lahan yang diberi pupuk Urea atau pupuk organik maka gulma yg tumbuh semakin banyak?

    BalasHapus
  153. dari sekian banyak jenis gulma, da beberapa jenis gulma yang peka terhadap kebakaran. Mengapa gulma tersebut memperoleh keuntungan dari kebakaran dan sebutkan jenis gulma apa saja yang peka terhadap kebakaran?

    BalasHapus
  154. Apa faktor yang membedakan tumbuhan berbunga parisitik dengan tumbuhan invasif?

    BalasHapus
  155. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus
  156. Bagaimana cara mengendalikan suatu gulma, bila gulma tersebut tahan bakar atau memiiliki sistem perakaran yang dalam?

    BalasHapus